Pages

Tuesday, June 30, 2015

Memulai Toko Online Pribadi (Part 1)

Assalamualaikum wr.wb

Halo temen-temen, gimana nih kemajuan nya memulai usaha sendiri?? mudah-mudahan lancar yaaa.

kali ini saya mau berbagi informasi mengenai Memulai Toko Online Pribadi. mudah-mudahan tulisan kali ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang ingin memulai usaha, Amin

Temen-temen ada yang pernah nyoba berjualan secara offline?? jualan apa??? makanan?? minuman??? pakaian mungkin?? atau barang elektronik?? Waah hebat!!! Mudah-mudahan jualannya lancar dan masih berlanjut sampai sekarang yaaa.

Hmmm, tapi pernah ga teman-teman kepikiran untuk memulai toko online???

nahh kali ini saya akan membahas sedikit pengalaman dan pemikiran yang mungkin bisa menjadi pertimbangan teman-teman untuk memulai Toko Online pribadi.

Apasih keuntungan punya toko online?? dan apa bedanya dengan toko biasa/offline??

Beberapa keuntungan dari memiliki toko online atau yang biasa dikenal dengan istilah Online Shop adalah sebagai berikut:

1. Tidak butuh lapak dagangan, yang berarti bagi sebagian orang dengan memiliki Online Shop kita tidak perlu memikirkan sewa tempat.

2. Tidak perlu bayar uang keamanan atau jatah preman hehehehe, kalo jualan nya online siapa yang bakal malakin kaan.

3. Toko bisa buka 24 jam non stop, tidak seperti toko biasa yang hanya buka siang hari.

4. Terhindar dari pencurian, hehe ini berdasarkan pengalaman pribadi, saat kita memiliki toko beneran atau toko offline, tindakan pencurian bisa terjadi dalam bentuk apapun, baik pencurian uang ataupun barang dagangan.

5. Toko Online cenderung bisa dikelola sendiri, tidak seperti Toko Fisik yang membutuhkan pekerja untuk menyambut tamu yang datang berkunjung, pengelola Online Shop cenderung dapat meng-Handle semua pelanggan sendiri, artinya kita bisa memangkas pengeluaran dalam bentuk gaji karyawan.

6. Dengan Online Shop, kita bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, coba bayangkan, jika kita membuka toko fisik di sebuah kota, katakanlah kota Bandar Lampung misalnya. mungkinkah orang yang ada di Jakarta mengetahui tentang keberadaan toko kita?? atau orang di Kalimantan misalnya?? atau juga orang di Bandung?? yaaap, sebenarnya mungkin saja, tapi itu berarti toko kita sudah benar-benar terkenal. Namun dengan Toko Online, yang kita butuhkan adalah traffic pengunjung, dan dalam waktu yang relatif singkat, tanpa kita sadari, ada orang dari Bengkulu yang sudah membeli barang dari toko online kita.

Berkaca dari beberapa alasan diatas, saat ini banyak toko-toko fisik terutama yang dikelola oleh orang yang sadar teknologi mulai mengembangkan toko fisik nya dengan membuat toko nya dalam versi Online Shop. Naah sepertinya ini sangat baik yaaa teman-teman, karna denga seperti ini kita bisa menggabungkan kelebihan yang ada dari toko fisik dan juga toko online.

Adapun beberapa kelebihan dari toko fisik menurut saya adalah sebagai berikut
1. Tingkat kepercayaan konsumen lebih tinggi, nantinya disaat teman-teman memulai toko online, teman-teman akan menjumpai orang-orang yang mempertanyakan kebenaran toko online kita, karna dalam banyak kasus, sudah banyak orang yang tertipu oleh Online Shop abal-abal yang memang niatan nya hanya mencari keuntungan dengan cara menipu orang. Beberapa pertanyaan yang akan sering muncul seperti: "Ini Online Shop beneran kan gan?? no tipu-tipu kan??" atau juga "ini alamatnya dimana gan?? ada toko nya tidak??". Ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko fisik masih cenderung lebih tinggi, karna toko fisik kan bisa didatangi langsung jadi kemungkinan untuk tertipu lebih kecil dibanding Online Shop yang tidak ada wujudnya.

2.Mengurangi kemungkinan tertipu oleh pembeli abal-abal, jaman sekarang tidak hanya penjual yang bisa menipu pembeli tapi pembelipun sudah menemukan berbagai modus untuk bisa menipu penjual. Dengan memiliki toko fisik, kita akan berjumpa langsung dengan calon pembeli kita, dengan begini kita bisa langsung menilai apakah orang tersebut bisa dipercaya atau tidak, karna seperti pepatah mengatakan Mata itu jendela hati, jadi kalo matanya jahat, berarti hatinya juga jahat. Cieeeee enggak ilmiah banget hahahahaha. saya hanya bercanda teman-teman. Sebenarnya bukan karena alasan diatas toko fisik bisa mengurangi kemungkinan penjual tertipu oleh pembeli, tapi dengan memiliki toko fisik, lingkup wilayah kita pun jadi lebih sempit dibanding dengan online shop yang bisa di akses oleh orang dari mana saja, jadi setidaknya dengan lingkup yang lebih kecil ini, kita akan lebih familiar dengan orang-orang yang datang ke toko kita bahkan pada kunjungan pertama sekalipun.

Bersambung ke Part 2

No comments:

Post a Comment